SUARA INDONESIA
Banner

Harga RPH Krian Sidoarjo Diklaim Lebih Murah, Higienis dan Halal

SIDOARJO - Rumah Potong Hewan (RPH) di daerah Krian, milik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sudah mulai beroperasi dengan sistem pemotongan modern, Jumat (5/3/2021).

Selain harga satu hewan sapi yang dipatok Rp 400 ribu, Pemkab Sidoarjo juga menjamin dagingnya higienis atau bersih.

"Prosesnya sesuai syariat Islam sehingga ke halalannya dijamin," terang Ahmad Muhdlor Ali, Bupati Sidoarjo ketika di RPH Krian. 

Disamping itu kisaran harga pemotongan sapi diluar paling rendah rata-rata Rp 700 ribu – Rp 800 ribu per ekornya. Ada yang menentukan tarif perkilo mulai dari Rp 2 ribu – 3,5 ribu sedangkan di RPH Krian sudah dipatok harga tetap Rp 400 ribu per ekornya.

Dengan harga yang kompetitif ini usaha penjualan daging sapi diharapkan mengalami kenaikan. RPH Krian lanjut Bupati memiliki kapasitas bisa memotong 100 ekor sapi dalam sehari. 

Menurut Muhdlor, arah utama dari RPH ini kenapa harus dimodernisasi, karena pihaknya ingin memastikan daging yang diterima dan beredar yang di Sidoarjo harus daging yang aman, nyaman, utuh dan yang terpenting halal.

"Kami ingin memastikan daging yang diterima dan beredar yang di Sidoarjo harus daging yang aman, nyaman, utuh dan yang terpenting halal," ucapnya.

Sementara Muhdlor bersama stakeholder yang lainnya juga menjamin dan mengawal peredaran daging yang dijamin kehalalannya dengan daging yang bersih dan serta aman dikonsumsi masyarakat.

“Semoga adanya RPH ini daging yang diterima masyarakat Sidoarjo, pertama bersih kemudian tidak ada penyakit-penyakit dan sebagainya, ini penting. Hampir seluruh masyarakat Sidoarjo ini adalah mayoritas Islam, pemerintah wajib memastikan bahwa daging yang beredar dijamin ke halalan nya”, ungkap Gus Muhdlor akrab disapa. (zul)

Apa Reaksi Anda?